Thursday, July 23, 2020

Burung menggunakan mulut untuk menghibur bagaimana dengan manusia ?

Setiap mahluk hidup dikaruniai kemampuan untuk bukan hanya sekedar hidup, namun juga untuk bisa menikmati hidup mereka. Burung ini dengan tekun menganyam satu persatu rumput menjadi sarang untuk menjadi rumahnya. Proses pembuatan sarang ini membuat kita yakin bahwa burung, sama seperti makluk lain, adalah mahluk yang cerdas.

Burung juga menggunakan mulutnya untuk bersiul (bersuara) sehingga orang yang mendengar menjadi terhibur,alangkah bergunanya mulut burung sehingga banyak bermanfaat buat burung itu sendiri maupun manusia.

Meniru tata cara burung menggunakan mulutnya agar bermanfaat sehingga di senangi orang lain dan mampu menghibur adalah cara yang bisa di jadikan pedoman dalam kehidupan sehari hari yang terkadang manusia ceroboh dalam bertutur kata sehingga membuat orang lain tersinggung dan memicu sebuah permusuhan.

Bijaklah dalam bertutur kata agar kita di senangi di mana mana,gunakan kata kata manis agar enak di dengar walaupun dalam manisnya tutur kata ada sedikit asin dan pedas.ibarat meminum kopi di campur gula yang banyak dan di campuri sedikit tuak/arak maka yang di rasa kopilah yang dominan tetapi yang meminum tidak tahu kalau itu bisa memabukkan yang mereka rasakan kopi manis,begitulah sekiranya meramu tutur kata agar enak didengar dan bisa mempengaruhi pendengar.

Nah begitu juga dengan burung alunan merdu suaranya mampu menenangkan hati dan suasana sekitar walaupun itu hanya sebuah suara yang belum tentu paham akan sebuah masalah dan sebuah kebenaran akan tetapi begitulah suara yang halus,manis,lembut dan merdu akan mampu menenangkan hati.

Rahayu
Jmk Adi

No comments:

Post a Comment