Friday, February 7, 2020

BUDAYA dan AJARAN HINDU BALI MEMBAWA BALI TERSOHOR KE DUNIA HARUSKAH BERALIH AJARAN dan BUDAYA ?

BUDAYA dan AJARAN HINDU BALI MEMBAWA BALI TERSOHOR KE DUNIA HARUSKAH BERALIH AJARAN dan BUDAYA ?
Bali sebuah pulau kecil yg tak habis habisnya di bicarakan dunia karena indahnya alam bali dan begitu tertatanya bangunan Bali yang membawa aura damai shingga banyak di pelajari dunia dan banyak orang meniru tata cara menata bangunan Bali.

Keberhasilan subak (irigasi) membagi air pada sawah yang banyak di pelajari di dunia.
Kemudian ada tata cara membangun rumah yang di dasari perhitungan ukuran berdasarkan lontar asta kosala kosali dan asta bumi shingga bangunan Bali akan memberi aura damai bagi penghuninya inilah yang di sebut bangunan Bali metaksu.

Semua praktek ritual keagamaan di masing masing desa ketika di praktekkan berbeda beda (desa kala patra) namun menghasilkan beraneka budaya yang sangat di kagumi oleh wisatawan manca negara menyebabkan pulau Bali menjadi tersohor di dunia dan akhirnya membawa berkah buat Bali terutama dalam bidang pariwisata,tidak bisa di pungkiri memang sebagian besar masyarakat Bali bergantung dari sektor pariwisata.

Tanpa di sadari Agama Hindu Bali dan budaya Bali sudah menjadi rohnya pariwisata Bali
Yang membuat Bali makin tersohor di dunia dan di kagumi turis manca negara
Bahkan sekarang banyak yang meniru bangunan ala Bali di buat di luar Bali sebagai penarik wisatawan

Begitu juga dengan pura yang di juluki sebagai pulau seribu pura menjadi daya tarik wisatawan manca negara untuk melihat keindahan pura dan aura positif yang terpancar dari pura yang ada di Bali.
Dan di luar Bali sudah banyak pura berdiri bahkan di luar negeri seperti Belgia sudah ada pura.

Ajaran Hindu Bali juga punya konsep trihitakarana yaitu sebuah konsep keseimbangan antara alam dan manusia yang di harapkan berjalan selaras shingga alam Bali,yang di harapkan mampu memberikan kontribusi maksimal buat keberlangsungan hidup manusia.
Para tetua juga mengajarkan setiap ada penebangan pohon agar segera di ganti dengan yg baru ini merupakan ajaran lugu namun manfaat sangat besar buat manusia agar alam tetap lestari.

Ajaran Hindu Bali juga punya konsep NYEPI (silent day) yang mampu mengurangi polusi udara patut dijadikan contoh untuk mengurangi pemanasan gobal.

Nah segitu banyak manfaat dari ajaran dan budaya Hindu Bali yang di rasakan sekarang ini dan jangan biarkan yang mencoba mengusik ajaran ini yang bisa membuat Bali keropos.
Masih banyak lagi manfaat dari ajaran Hindu Bali yang tidak bisa di sebutkan satu persatu.

Sebaiknya ajaran Hindu Bali ini layak untuk di lanjutkan karena sudah terbukti memberikan banyak manfaat yang bisa di nikmati oleh generasi penerus.
Jika demikian masihkah mau beralih ajaran ?

Kirang langkung ampura mari saling melengkapi dan semoga bermanfaat





Rahayu
Oleh : Jmk Gde Nym Garnida

No comments:

Post a Comment