Thursday, February 20, 2020

Komentar yang tidak baik di medsos bertentangan dengan Trikaya Parisudha

Komentar yang tidak baik di medsos bertentangan dengan Trikaya Parisudha

Oleh : Jmk Gde Garnida

Agama Hindu mengenal ajaran Trikaya Parisudha dan sangat familiar mulai dari anak sekolah dasar sampai kakek nenek semua mengerti dan paham akan nilai ajaran trikaya parisudha.

Ajaran ini merupakan wajib di amalkan bagi setiap pemeluk Hindu di manapun berada karena merupakan ajaran moral yg menjadi dasar perilaku hidup bermasyarakat,sangat sederhana yaitu hanya meminta tiga pengendalian, berpikir yang baik,berkata yang baik dan berbuat yang baik,cuma tiga saja tapi amat susah di laksanakan apalagi sampai jumlahnya ratusan.

Namun ada suatu keanehan, pemahaman mulai anak kecil sampai orang dewasa semua paham akan tetapi banyak yang melanggar,kenapa ya ? Apakah ajaran yang salah atau pengamalan yang salah ? Tentu ajaran tidak salah karena meminta yang baik bukan yang buruk.mereka mengerti dan paham bahkan mereka menyebarkan tetapi kadang mereka tak sadar mereka juga yang melanggar inilah kelemahan manusia sangat pintar menilai kesalahan orang lain namun lupa kesalahan sendiri seperti kata pepatah "babakan pule" artinya menasehati orang lain bisa tapi menasehati diri sendiri belum bisa.

Apa yang di sebutkan dalam sarasamuccaya yaitu " sesungguhnya musuh yang utama ada dalam diri sendiri " berpijak dari sloka ini bisa di maklumi kelemahan manusia karena sifat dan perilaku yang paling susah di kendalikan yang melekat pada individu.dengan memahami pengetahun ini maka diperlukan usaha melatih diri secara berkesinambungan agar dalam mengendalikan sifat dan perilaku bisa maksimal.

Perbuatan dan perkataan semua bersumber dari pikiran maka yang utama di kendalikan adalah pikiran amatlah susah mengendalikan pikiran yang slalu di pengaruhi hal-hal yang berbau negatif oleh karenanya mengingatkan kembali akan ajaran trikayaparisudha  mutlak di lakukan walaupun usaha ke arah itu ibarat membuang garam ke laut,namun mengingatkan bukan mengajari sebuah usaha baik yang akan berpahala baik pula.

Dalam dunia medsos mulai nampak kecenderungan memudarnya ajaran trikayaparisudha bisa nampak dari komentar dalam facebook,instagram,twitter dsb.di mana ada komentar hujatan,cemooh,hinaan sampai kata-kata kasar keluar semua.dalam hal ini wajar mereka bebas berkomentar karena aturan ketat atau pengawasan ketat masih jauh dari harapan namun perlu di ingat walau itu hanya disebut sebagai sebuah komentar(tulisan) bukan tidak berpahala buruk,karena semua itu keluar dari buah pikiran sementara karma mencatat berawal dari pikiran sudah menimbulkan pahala maka konsep trikaya parisudha memulai dari berpikir yang baik.

Silahkan menggunakan medsos dengan bijak agar berpahala yang baik dan menambah pengetahuan atau pengahasilan yang berujung pada kenaikan taraf kehidupan yang lebih baik,berdiskusilah dengan bijak slalu kedepankan etika yang sopan saling menghargai pendapat orang lain agar tercipta suasana yang baik,nyaman dan jadilah panutan sebagai penganut Hindu yang sopan dan beretika sebagai ciri khas pemeluk Hindu.


Tiada gading yang tak retak
Mari berbagi ilmu,saling mengisi,saling mengingatkan dan kritik kami terima dengan baik maka sampaikan juga dengan baik.

Salam rahayu

No comments:

Post a Comment